Saturday 12 November 2016

[Enter Post Title Here]


Berani bermimpi dan konsisten melangkah

Setelah beberapa pekan yang lalu menyusun check lish ibu sholihah, kemudian minggu kemarin mampu menuliskan kelebihan diri sendiri dan mengapa saya berada di keluarga ini, dikaruniai anak-anak yang istimewa sedikit demi sedikit semakin memperjelas mengapa kita berada disini. Disertai keyakinan bahwasanya saya diciptakan untuk beribadah, berjalan dengan sayriatnya disetiap episode kehidupan dan bercita-cita memperjuangkan kembalinya kehidupan islam yang rahmatan lil alamin. Checklist ibu sholihah dan pemahaman akan keberadaan diri membantu saya untuk terus berjalan sesuai fitrah Rabb pencipta semesta.

Apa yang paling ingin saya kuasai dimuka bumi ini tetaplah ilmu pendidikan anak serta pengelolaan rumah tangga. Saya ingin sekali menjadi ibu terbaik bagi anak-anak saya dan berupaya menghantarkan anak-anak menjadi generasi terbaik untuk kebangkitan peradaban Islam. Menariknya, dengan merunut check list ibu sholihah versi saya, kabar baiknya, ternyata saya masih dapat melakukan hobi yang saya suka,menggeluti dunia fashion dan jahit-menjahit. Terima kasih kepada teman-teman ibu profesional yang berbagi manajemen waktu. Bagaimana dengan checklist yang beberapa waktu lalu saya buat?, ternyata evaluasi adalah hal yang penting. Memilah aktivitas mana yang ternyata tidak dapat dengan konsisten saya lakukan. Serta kembali mengingatkan mimpi yang harus saya perjuangkan bersama keluarga. Latihan untuk selalu konsisten dengan checklist ternyata begitu menantang, hehehe. Perlu mendisiplinkan diri sendiri dan mengenali kondisi-kondisi yang berpotensi membuat kita out of track (semangat untuk diri saya sendiri#tepuk pipi).

Apa mimpi saya?, saya ingin menguasai bidang pendidikan anak dan pengelolaan rumah tangga dengan terus mengaitkan aktivitas sehari-hari dalam pengasuhan anak dengan ilmu-ilmu yang saya pelajari. Belajar mengoptimalkan pengelolaan rumah tangga dengan panduan bunda cekatan. Selain menguasai ilmu –ilmu tadi, saya pun ingin mengasah kemampuan menjahit saya dengan menambah jam terbang (hiks,hiks ingin sekali konsisten dalam mimpi ini). Bismillah, saya merumuskan misi saya adalah menjadi ibu yang menyiapkan generasi pejuang islam untuk era kebangkitan Islam kelak. Maka untuk mewujudkan misi saya, saya akan terus mempelajari dengan sungguh-sungguh ilmu pendidikan anak serta pengelolaan rumah tangga. Disamping itu untuk meningkatkan potensi diri saya sendiri, saya juga akan menambah jam terbang dalam dunia menjahit dengan konsisten menghasilkan karya. Peran yang saya inginkan adalah menjadi wanita sholihah sebagaimana fitrah seorang wanita dalam islam dalam aktivitas apapun ia berlakon. Sejak bertahun yang lalu, kini, serta tahun-tahun ke depan saya berperan sebagai agent of change peradaban, mencerdaskan ummat, utamanya kaum wanita, untuk menyadari apa tujuan penciptaan dirinya didunia, mengajak berfikir secara luas dan politis untuk menyadari dan mengambil langkah dalam perubahan diri, keluarga dan dunia.

Untuk memandu mimpi saya, saya ingin membuat milestone yang beriringan dengan check list ibu sholihah. Ya Rabb, bantulah hamba untuk menetapi langkah kecil ini demi perubahan besar bagi dunia, aamiin. Bundas semua pun dapat membuat milestone dan membuat checklist jangka panjang untuk membantu kita mewujudkan mimpi-mimpi kita.
  1. Nol kilometer di akhir tahun 2016-2017 adalah berjuang untuk disiplin dan terus konsisten dengan check list ibu sholihah, melakukan evaluasi dan melakukan perubahan-perubahan pada point yang dianggap perlu untuk menyelaraskan dengan mimpi. Menguatkan ilmu pendidikan anak.
  2. Second kilometer di akhir tahun 2017-2018 adalah seimbang antara kehidupan rumah tangga, pengelolaan usaha dan mengasah hobi. Menguatkan ilmu dan aplikasi pengelolaan rumah tangga.
  3. Third kilometer di akhir tahun 2018-2019 adalah mempelajari pembuatan laporan keuangan yang profesional untuk rumah tangga, usaha dan hobi. Menguatkan ilmu manajemen dan ekonomi sederhana.
  4. Fourthkilometer di akhir tahun 2019-2020 adalah dapat menguasai ketiga ilmu di tahun pertama hingga ketiga dengan baik sehingga dapat menjadi kepribadian dalam diri dan keluarga sehingga mampu menjadi teladan dan inspirasi bagi keluarga lain dan berkontribusi positif bagi perjuangan terwujudnya peradaban islam yang mulia.


No comments:

Post a Comment

 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik