Tuesday 13 December 2016

Lets go to be Better ! Moms..

Lets go to be Better ! Moms..

Sebagai seorang muslim, mungkin kita sering mendengar ayat yang kandungannya menyatakan bahwa Allah tidak akan merubah suatu kaum, kaum itu lah yang berikhtiar melakukan perubahan. Maka sungguh Islam menuntut manusia untuk berikhtiar melakukan perubahan, berupaya melakukan proses menjadi lebih baik. Dalam proses itu manusia dituntun mengupayakan yang terbaik, pekerjaan terbaik, niat terbaik, jalan terbaik, dengan tuntunan terbaik yang bersumber dari Allah yakni tuntunan syariat. Masalah hasil, itu adalah hak preogratif Allah. Doa, ikhtiar dan tawakkal itulah yang senantiasa menghiasi setiap aktivitas manusia. Masya Allah, sungguh indah dan tenang jika kita berada dalam lingkaran syariat. Manusia sering terlupa, ya, saya pun acap kali alpa. Semoga kita senantiasa bertemu kesempatan, orang orang dan aktivitas yang mengingatkan kita bahwa apa adanya manusia adalah tunduk pada syariat Rabb Nya.

Bicara perubahan, kali ini tantangan ibu profesional adalah membuat mimpi perubahan itu dalam peta yang insya Allah memudahkan saya melangkah, menjadi rambu yang akan mengingatkan jalan ketika mungkin saya terlupa atau saat cahaya mulai meredup. Minggu lalu saya mencoba memetakan kuadran aktivitas yang saya suka dan bisa, saya suka tapi tidak bisa, saya tidak suka tapi bisa, kemudian yang saya tidak suka dan tidak bisa. Alhamdulillah kuadran tersebut memudahkan saya memfokuskan langkah meraih peran apa yang saya inginkan. Sebagaimana harapan saya, adalah menjadi istri dan ibu yang diridhoi Allah, bagian ummat yang dibanggakan rasulullah, serta wanita sholihah yang menyandarkan setiap aktivitas dan keputusannya berdasarkan hukum syara yang insyaAllah membuat bidadari surga cemburu, saya ingin mendalami aktivitas pendidikan anak dan menulis serta terus mengembangkan usaha. Well, menerima kenyataan bahwa fashion design adalah aktivitas yang saya suka tapi tidak bisa saya lakukan sebagai prioritas utama saat ini cukup membantu untuk tetap fokus pada aktivitas utama. Back to the key word, disiplin manajemen waktu ! (oohhh, i hope i live with nanny 911).

Dari aktivitas yang saya suka dan saya bisa, saya memilih menulis dan mengelola pendidikan anak. Kelak saya ingin menjadi pendidik terbaik bagi anak-anak dan penulis buku-buku terkait anak, keluarga dan pendidikan. Rencana yang akan saya lakukan adalah melatih kemampuan menulis dengan menulis di blog minimal seminggu sekali, mengelola pendidikan dan pengajaran anak-anak dengan membuat desain pembelajaran, mendelegasikan mentor anak-anak saat saya tidak dapat mengajari anak-anak, serta rutin melakukan evaluasi proses pendidikan anak. Saya ingin memiliki anak- anak sholih dengan kepribadian islam yang kuat, saya ingin ibu-ibu yang lain juga memiliki visi untuk anak-anak yang berperan dalam kebangkitan peradaban, berharap pula ingin menjadi penulis yang produktif dan inspiratif. Untuk mencapai itu, langkah kecil yang dapat saya rencanakan saat ini adalah,

·         Life time purpose
Saya ingin terus menyadarkan ibu-ibu akan pentingnya menyadari fitrah ibu sebagai ummun wa robbatul bait yang ideologis sehingga dapat membangun peran ibu dalam komunitas untuk melahirkan generasi cemerlang serta wanita sholihah yang aktif menyadarkan ummat akan pentingnya menyandarkan setiap aktivitas pada hukum syara. Misi ini insya Allah saya lakukan dengan menyampaikan langsung kepada para ibu maupun lewat media tulisan.

·         Strategic planning
Dalam waktu lima tahun ke depan saya ingin memiliki rumah tahfizh untuk anak-anak, serta menjadi wadah untuk muslimah mendapatkan ilmu setiap minggu. Saya juga ingin mengumpulkan tulisan-tulisan di blog dengan rapih sehingga dapat menjadi blog yang profesional. Sehingga saya mulai mengumpulkan sumber daya untuk dapat merealisasikan terwujudnya rumah pendidikan ini.

·         New year resolution
Saya akan menyusun desain pembelajaran dalam empat jenjang (sesuai dengan ke empat anak-anak dirumah), sehingga di akhir tahun saya dapat membukukan pembelajaran anak-anak nantinya serta menularkan kepada ibu-ibu yang lain.


Bismillah, rangkaian ini adalah upaya saya, ikhtiar seorang hamba, untuk menjadi khalifah Allah di muka bumi dengan meluruskan fitrah dan meniatkan segala aktivitas adalah bentuk ibadah kepada Allah dengan berpegang pada hukum syara. Semoga bermanfaat juga bagi bunda keceh semua yaah..

No comments:

Post a Comment

 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik